Sabtu, 17 November 2012

Perbedaan Margarine dan Mentega



Pengertian Mentega
          Mentega terbuat dari lemak hewani. Mentega merupakan produk makanan susu yang diolah dari adukan krim yang terdapat pada susu. Di dalam mentega terdapat kandungan vitamin A, D, Protein dan juga Karbohidrat. Mentega biasa digunakan untuk olesan roti dan biskuit, dan terkadang juga digunakan sebagai bahan penggorengan. Selain itu mentega juga sebagai perantaraan lemak di berbagai resep roti dan masakan. Tekstur mentega sangat lembut sehingga mudah leleh di suhu yang hangat. Untuk menjaga kualitas mentega agar tetap baik, maka harus disimpan di suhu ruangan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Merek-merek mentega yang kini tersedia di pasaran antara lain: Orchid Butter, Golden Churn, Wijsman, Elle & Vire dll.
Apakah itu Roombutter? Roombutter sebenarnya hampir sama dengan mentega, hanya saja orang Indonesia biasa menyebut roombutter untuk jenis mentega yang wanginya tajam dan berwarna putih.

Pengertian Margarin
Margarin terbuat dari lemak nabati. Margarin dibuat dari minyak tumbuh-tumbuhan (nabati) yang di Hydrogenasi (Atom Hydrogen yang ditambahkan ke minyak). Dalam proses tersebut biasanya akan terjadi perubahan struktur beberapa Polyunsaturated Fatty Acids (asam lemak tak jenuh) menjadi Trans Fatty Acids. Margarin mengandung omega-3 dan omega-6, vitamin A dan juga beberapa merupakan sumber vitamin E. Margarin dapat dikonsumsi tanpa dimasak. Tekstur margarin lebih kaku / padat daripada mentega, sehingga lebih stabil (tidak mudah meleleh) di suhu ruangan, bersifat plastis dan warnanya sedikit lebih kuning dari mentega. Merek-merek margarin yang kini tersedia di pasaran antara lain : Amanda, Simas, Blue Band, Palmboom, Mother Choice, dll.

Perbandingan Mentega dan Margarin
Mentega dan margarin mempunyai tampilan yang nyaris sama, warnanya juga sama kuning, mempunyai tekstur yang lembut, tetapi ada pula yang kaku / padat seperti sabun batangan. Biasanya dikemas dalam kaleng atau mangkuk, tetapi ada pula yang dibungkus dengan kertas aluminium atau plastik.

          Perbedaan mentega dan margarin tidak terlalu mencolok jika dilihat dari tampilan luarnya, tetapi masing-masing tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam penggunaanya sebagai bahan dasar pembuatan kue.

Kelebihan dan Kekurangan Mentega
          Mentega mempunyai aroma yang enak, tetapi karena tekstur yang terlalu lembut dan daya emulsi yang kurang baik, maka hal itu dapat menyebabkan tekstur kue yang dihasilkan menjadi kurang kokoh. Mentega yang terbuat dari lemak hewan ini mengandung lebih banyak lemak jenuh / saturated fats (66%) dibanding lemak tak jenuh / unsaturated fats (34%). Lemak jenuh ini biasanya berhubungan dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Sisi baik dari mentega adalah alami dan tidak menggunakan bahan kimia atau manipulasi yang tidak perlu.

Kelebihan dan Kekurangan Margarin
          Sedangkan untuk margarin, meski aromanya kalah enak dibandingkan dengan mentega, tetapi margarin mempunyai daya emulsi yang bagus, memberikan cita rasa gurih dan mengurangi remah roti, sehingga dapat menghasilkan tekstur kue yang lebih memuaskan. Selain bagus sebagai bahan pembuatan kue, margarin merupakan salah satu sumber energi yang baik, yang diperkaya dengan vitamin A, D, E dan K, serta memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit daripada mentega biasa, dan bermanfaat juga sebagai medium penghantar panas. Untuk memilih margarin yang baik pastikan margarin yang dipilih tidak terlalu keras, berwarna kuning cerah, ketika digunakan mudah dioleskan pada roti, dan mudah meleleh pada saat dimasak ataupun dalam pemanggangan.
Dengan kelebihan dan kekurangan yang ada pada keduanya itu, maka baik mentega ataupun margarin kiranya masih tetap dibutuhkan sebagai bahan dasar pembuatan kue. Tentang bagaimana penggunaannya, hal itu sepenuhnya tergantung oleh bagaimana kepandaian kita untuk meraciknya sehingga kue yang dihasilkan dapat mempunyai bentuk yang bagus dengan tekstur yang mantap, rendah kalori, aroma yang wah, dan rasa yang lezat tentunya.



1 komentar: